Instagram

Saturday, November 24, 2018

(Part 1) 2018 ! Curhat Random Aja.

Hello my blog...
gilak yaa hampir setahun uwe gak curhat disini lagi.
uwe sibuk, lebih tepatnya sok sibuk aja sih hehe.

Gak terasa banget 2018 udah mau berakhir. Time flies so fast man.
Karena udah akhir tahun, tetiba uwe dapat hidayah buat nulis disini tentang apa aja yang udah uwe lalui selama kurang lebih setahun belakangan ini.

Part one, Here we go guys....

→JANUARI
Saat itu masa-masa transisi banget sih. Masa move on dari kegagalan yang bikin uwe cukup down. Uwe bersyukur dimasa itu uwe gak ngelewatinnya sendiri, ada temen yang selalu disebelah dan support uwe. Jadi ceritanya itu Desember uwe sidang proposal tesis dan hasilnya itu cukup ngecewain karena uwe gak lulus. Kata Pengujinya proposal uwe masih banyak kekurangan, konsep kagak jelas dan intinya uwe belum siap. Okelah uwe terima meskipun penuh drama dan air mata. Gimana nggak, uwe sedih aja kalo inget perjuangan uwe yang dua bulan tidur di kampus, begadang tiap malem baca puluhan paper, tangan uwe sampe kena ganglion karena laptop-an mulu, pernah sampe suatu malem itu uwe buka mata aja sakit karena kurang istirahat, untung gak sampe bedarah, intinya uwe udah berusaha banget deh. Rasanya penguji gak menghargai perjuangan uwe. Wajar sih mereka kan gak liat uwe baca paper atau begadang tiap malem atau uwe sakit hhehe.

Alhamdulilah setelah kesusahan ada jalan menuju bangkit lagi. Uwe dapet temen baru dan dia itu temen satu kosan. Udah setahun ngekos tapi uwe kagak ada dekat sama mereka, karena sibuk masing-masing. Dan suatu momen, uwe ama doi tetiba saling sapa, ngobrol basa basi, terus doi ngajakin uwe main, dan tadaaaa kita jadi temen deket. Uwe bersyukur disaat uwe down itu ada doi. Praktis selama libur semester Desember-Januari uwe main ama doi. Singkat cerita, uwe ama doi bagaikan dua orang yang saling menemukan satu sama lain ditengah chaos-nya kehidupan haha. Doi orangnya unik dan punya hobi yang unik pula. Doi suka kopi dan travelling. Dari doi uwe mulai kenal yang namanya kedai kopi dan segala seluk beluknya. Meskipun kalo ngomongin kopi uwe cuma jadi pendengar yang kagak paham meskipun udah dijelasin berkali-kali. Pada dasarnya uwe bukan orang yang suka ngopi sih. Dari doi uwe dapet temen baru dan kenal dunia baru. Seolah keluar dari zona nyaman, uwe menemukan sesuatu yang baru. Doi ngajak uwe ke kedai kopi terdekat di Surabaya. Judulnya aja sih ke kedai kopi tapi uwe minumnya greentea haha sambil baca buku, nemenin doi nongkrong ama temen-temennya. Kami semakin akrab karena berbagi cerita hidup masing-masing. Jadi hari-hari uwe di bulan Januari uwe habiskan main ama doi mantengin kedai kopi.

→FEBRUARI 
Back to campus. Yaaap, perkuliahan dimulai lagi. Waktu itu uwe masuk semester tiga, sophomore time ahaha. Uwe masih sisa 3 mata kuliah lagi yaitu ngulang proposal dan ada dua kelas lagi sih. Disini nih kerasa banget gimana uwe bangkit dan move on dari kegagalan. Uwe udah niat banget semester ini kudu lulus proposal. Jadi uwe rajin ngerjain revisian dan bimbingan sampe dosen pengampu matkulnya bosen sama uwe, haha rasain deh Prof. Tapi uwe ada masalah sama percaya diri. Uwe krisis kepercayaan diri man.

Awal-awal uwe tetiba ngalamin takut ke kampus, takut ketemu orang-orang, takut ketemu dosen uwe huhu. Uwe kira ketakutan itu bakal hilang seiring waktu, tapi ternyata kagak. Kebayang dong ketemu dosen cuma nunduk aja gak berani natap mata beliau. Itu yang uwe lakuin selama beberapa minggu awal masuk kuliah. Uwe cenderung diem dikelas, nunduk, cuma dengerin penjelasan dosen tanpa berani natap matanya. Akhirnya uwe sampe pada titik puncak dimana uwe sadar kalo uwe kagak bisa kayak gitu terus. Uwe harus cari solusi dan harus berubah. Dan uwe memutuskan pergi ke psikolog yang disediakan di medical centre kampus. Disana selama kurang lebih empat jam uwe ceritain semua yang uwe alami sambil nangis terus dipeluk deh sama Ibu psikolognya hehhe. Awal hilangnya kepercayaan diri uwe adalah kekecewaan yang berlebihan pada diri sendiri. Uwe takut gimana padangan orang-orang setelah kegagalan uwe itu, padahal faktanya nobody cares. Selama ini uwe "di-cap" sebagai anak "smart" karena raihan IPK yang cukup unggul dibandingkan teman-teman yang lainnya.

Secara tidak sadar, itu menjadi beban tersendiri buat uwe karena saat uwe gak bisa melakukan suatu hal ada yang nyeletuk "masa ini aja gak bisa? kamu lho ipk tertinggi" disitu uwe rasanya tertusuk banget. Salahkah uwe dengan raihan nilai itu? Jujur uwe gak pernah minta itu, uwe cuma melakukan yang terbaik aja, dan uwe gak bisa melakukan semua hal, banyak hal yang uwe kagak tau dan harus belajar dan nilai itu bukan patokan kalo uwe bisa semuanya. Kalimat-kalimat seperti itu terus ngisi kepala uwe. Jadinya uwe malu sama diri sendiri, malu sama teman-teman, malu sama dosen pastinya. Setelah penuh air mata cerita sama Ibu Psikolognya, inget banget kalo beliau bilang uwe terlalu keras sama diri sendiri. Kegagalan itu wajar dalam hidup dan manusia perlu mengalaminya karena hidup kagak melulu soal keberhasilan kan. Ibunya paham banget kalo uwe belum terbiasa sama kegagalan. Beliau bilang kalo uwe jangan memaksakan kehendak dan harus lapang dada menerima keadaan. Disitu uwe ngerasa lega aja sih abis cerita semuanya sama beliau, abis nangis heboh pula tuh.

Selesai konsultasi sama beliau uwe memutuskan untuk benar-benar bangkit, gak bisa kayak gini terus. Life must go on dude. Alhamdulillah uwe bisa melewati masa-masa krisis itu. 
Perlahan uwe pupuk lagi rasa percaya diri itu.
Perlahan uwe mulai ngerjain proposal lagi.
Perlahan uwe mulai bimbingan lagi.
Perlahan uwe mulai angkat kepala, gak nunduk lagi sewaktu dikelas.
Perlahan uwe mulai natap mata dosen lagi.
Perlahan uwe kembali tersenyum dan ceria lagi.
Perlahan titik terang itu mulai nampak.
Dan secara perlahan semua kembali normal.

→MARET
Setelah krisis percaya diri uwe teratasi, uwe menggebu ngerjain proposal lagi. Rajin banget bimbingan sama dosbing dan dosen pengampu matkulnya. Setiap pertemuan uwe rajin presentasi kemajuan proposal. Saran dan kritik dari Prof uwe catat dan diskusikan sama dosbing. Pokoknya uwe semangat ala ala pejuang kemerdekaan tahun 1945 deh. Bahkan Prof. nya sampai bilang kalo sudah bosan ngeliat uwe hahaha dalam hati uwe teriak "Yessss berhasil". Itu adalah balas dendam uwe sama beliau. Eeits, ini balas dendam yang mengarah ke kebaikan yak haha. Minggu kedua bulan maret kalo gak salah keluar pengumuman ujian proposal tesis dan sidang tesis tengah semester, dimana fix jadwal pengumpulan draft tanggal dua puluhan dan jadwal ujian bakal diumumkan seminggu setelahnya. Makin membaralah semangat uwe ngerjain itu proposal. Beda dengan sebelumnya, kali ni uwe kagak rajin nginep di kampus lagi. Masih sih cuma nggak setiap hari.

Oh iya waktu itu yang gagal proposal ada tiga orang termasuk uwe. Pada akhirnya ada satu orang yang nyerah ditengah jalan, dan uwe cuma bedua yang maju ngumpulin draft sesuai deadline. Seminggu setelah pengumpulan draft, keluar jadwal ujiannya, kalo gak salah akhir bulan deh. Tepat tiga atau empat hari sebelum ujian, ada email panggilan tes kerja. Yaaap panggilan tes pelen di Palembang. Jujur uwe bimbang waktu itu, disatu sisi uwe pingin banget rasanya terbang ke Palembang namun disisi lain hal itu gak mungkin banget dan jadwal tesnya beda sehari sama ujian proposal. Akhirnya meskipun kecewa dan sedih uwe mengikhlaskan itu panggilan tes lewat aja. Uwe merelakan hal yang sangat uwe inginkan saat itu. Bukan faktor ujian sih penyebab utamanya tapi lebih ke faktor lain yang nggak ada solusinya.

Akhirnya uwe memilih ngalah dan mencoba ikhlas. Hari ujian proposal pun tiba juga. Uwe ama temen tidak terlalu excited karena benar-benar udah pasrah apapun itu hasilnya. Dihari H uwe bangun pagi seperti biasanya, nyiapin semua keperluan buat ujian proposal hari itu. Seperti biasa uwe lagi-lagi menjadi yang pertama buat presentasi. Awalnya sih deg-deg-an dan setelah itu semua mengalir lancar. Gak semua pertanyaan penguji bisa uwe jawab. Uwe cukup terbantu sama dosbing dan Prof. nya. Beliau-beliau itu bantu uwe memaparkan hal-hal detail yang kurang uwe paparkan dan juga nolongin pas uwe gak bisa jawab pertanyaan dari penguji. Uwe banyakan cengir dan senyam-senyum aja di depan haha. Mungkin para penguji dan dosbing kasian ama uwe cuma bisa cengar-cengir doang, tapi apapun itu uwe terima. Setelah uwe selesai presentasi, giliran temen uwe. Alhamdulilah doi juga lancar. Kami masing-masing menghabiskan waktu kurang lebih satu jam untuk memaparkan isi proposal dan menjawab semua pertanyaan. Setelah nunggu kurang lebih satu jam, diumumkan kalo kami berdua lulus ujian proposal. Alhamdulilah perjuangan kami pada akhirnya mendapatkan hasil yang memuaskan.  
Nice ending for March hehe

→APRIL
Habis gelap terbitlah terang.
Hahaha untuk saat itu quotes itu nggak berlaku.
Quotes berubah menjadi Habis ujian terbitlah revisi.
Setelah lulus ujian proposal semuanya kelar gitu aja? tentu saja nggak dong. Tak ada yang sempurna. Begitu juga dengan proposal uwe. Setelah lulus ada beberapa perbaikan yang mesti uwe lakukan. Jadilah uwe balik ke rutinitas bimbingan demi memenuhi harapan dan keinginan penguji. Tapi teman-teman, itu hanyalah wacana belaka haha. Nyatanya revisi proposal kagak uwe kerjakan sama sekali.

Uwe memutuskan untuk rehat sejenak. Niatnya sih sejenak eh tapi keterusan dan pada akhirnya proposal uwe selama sebulan itu nggak tersentuh sama sekali. Uwe lebih memilih liburan ke Malang sama temen. Yeaaah, we took one day trip to Malang. Semacam refreshing lah. Kami motoran dari Surabaya ke Malang dan itu melelahkan banget huhu. Untung teman uwe baek jadi dia kagak ngeluh dan trip kami tetap menyenangkan. What a short escape! Thank you very much buddy :)
April ini juga uwe mulai nutor anak SMP. Awalnya sih uwe iseng aja gitu nanya temen ada lapak nggak buat nutor gitu, dan bak gayung bersambut, kebetulan temen uwe mau resign dari nutornya karena doi kesulitan bagi waktu antara kuliah, lab, dan nutor. Rejeki uwe dong yaaaa. Jadilah april itu uwe gantiin doi nutor meskipun imbalannya nggak seberapa. Karena niat awal uwe emang pingin nyoba sesuatu yang baru dan cari pengalaman baru saja.


→MEI
Uwe baru inget kalo semester ini masih punya dua kelas selain proposal. Ngomong-ngomong, dua kelas uwe itu berjalan dengan lancar kok. Kelas satunya emang rada rumit sama si Ibu tapi alhamdulilah semua berjalan baik. Tugas aman dan nilai pun nyaman. Haha. Gimana dengan kelas satunya lagi? lancar juga dengan si Bapak. Jujur uwe kurang tertarik sama kelas ini. Itupun terpaksa ambil kelas beliau karena gak ada kelas lain yang buka. Mata kuliah dan materinya cukup menarik hanya saja beliau kurang bisa menyampaikan. Bayangkan uwe bisa main game, gossip, bahkan tidur di kelas yang sepi itu. Kalo nggak salah kelas itu dihuni empat apa lima orang gitu, dimana kita jarang banget lengkap. So pasti kalo ada mahasiswa yang kegiatan lain selain belajar beliau bisa ngelihat dengan jelas. But, nothing happened during that class. Everything went too smooth. Sewaktu perkuliahan tinggal beberapa pertemuan lagi, uwe makin malas masuk kelas. Kadang uwe bolos. Kadang uwe sengaja gak masuk kelas padahal uwe ada di ruang belajar yang lain. Parahnya lagi, uwe pernah sengaja masuk kelas di 30 menit kelas akan berakhir, HAHAHA. It was so fun !!!
Perkuliahan semester itu berakhir dipertengahan bulan dan akhir mei itu udah mulai ujian akhir semester. Praktis dengan dua kelas uwe agak longgar dan gak terlalu di-pressure sama jadwal UAS. Beruntungnya kedua ujian uwe semuanya bedah paper. Alhamdulilah banget jadi bisa bebas ngerjainnya nggak kayak ujian tertulis dikelas itu. My final exam went well tho :). Oh iya akhir mei itu juga mulai masuk bulan suci Ramadhan lho. Umat muslim seluruh dunia wajib menjalankan ibadah puasa. Ini puasa kedua uwe di Kota Surabaya. Kagak ada yang spesial sih. Bedanya kalo di rumah ada yang nyiapin untuk sahur dan buka puasa, nah kalo disini siapin sahur sendiri dan kadang buka puasa juga sendiri.

→JUNI
Hello June... my special month.
Ada sedih ada bahagia kalo di bulan juni ini. Praktis tahun ini uwe genap 26 tahun HAHAHA. Jujur uwe sangat menikmati berada di angka 25. Tapi mau gimana lagi, terima sajalah kalo udah umur segitu. Baiknya sih uwe lebih bijak aja kalo udah urusan sama umur. Uwe bisa dengan lapang nerima kenyataan kalo ya emang uwe udah umur segitu, mau mengingkari gimanapun juga nggak bisa. Dulu uwe rada sensi kalo ada yang nyeletuk "eh umurnya udah 25 ya?" atau "udah tua juga yaaa". Tapi sekarang uwe malah sensi banget kalo dibilang anak kecil. Karena uwe emang bukan anak kecil lagi man. Is that something special on my birthday? nope. Seperti biasa ucapan dan doa dari keluarga, teman, dan orang-orang terdekat. Uwe dari dulu tumbuh dikeluarga yang tidak merayakan hari lahir. Jadi hari lahir sama saja dengan hari-hari lainnya. We are the simple family !.

Back to ramadhan.
Tahun ini uwe memutuskan untuk tidak mudik dan merayakan idul fitri di Surabaya saja. Jujur uwe lagi malas banget pulang. Buat ngisi waktu kosong, uwe iseng cerita ke teman kalo pingin nyoba kerja paruh waktu. Dan Allah denger itu sehingga uwe dapat kesempatan buat kerja paruh waktu. Uwe dapet kerja paruh waktu dari teman yang kebetulan temannya  kerja di resto. Dulu pas jaman sekolah uwe kebanyakan nonton drama korea kali yaak, sampai-sampai ingin kuliah sambil kerja paruh waktu. Sayangnya Indonesia tidak memfasilitasi pelajar buat paruh waktu kayak di negara lain. Jadi kebayang dong pas dpaat tawaran itu uwe super excited meskipun awalnya sedikit ragu. Tapi dengan Bismillah uwe ambil kesempatan itu.

Dari sini uwe dapat pengalaman baru lagi (detail kerja paruh waktu kayaknya bakal uwe curhat di postingan selanjutnya). Uwe juga kenal orang-orang baru, dapat teman baru pastinya. Selama Juni itu uwe kerja kurang lebih dua minggu. Asli gempor dan pingin nyerah. Capek juga rupanya. Uwe ngerasain gimana susahnya cari uang. Uwe juga ngerasain dipandang sebelah mata sama orang lain. Gimana uwe harus sabar dan nahan ego untuk setiap situasi yang uwe hadapi. Dari kerja paruh waktu itu uwe sadar kalo ego uwe masih tinggi. Kebayangkan uwe masih bisa bantah atasan dan nolak ngelakuin perintahnya HAHA. Pokoknya uwe dapat banyak pengalaman baru dari kerja paruh waktu kali ini.


How about JULY???
To be continued~~

No comments:

Post a Comment